TIPS BANGUN LEBIH CEPAT

Standar

TIPS BANGUN LEBIH CEPATSalam semangat sobat, apa kabar? Semoga memasuki hari kelima Ramadhan, puasa kita makin lancar. Seperti saya, yang sebelumnya lemas banget di hari pertama dan kedua, sekarang kayaknya sudah mulai terbiasa. Asal ada niat yang kuat, pasti bisa!😀

Ohya, bagi sebagian orang bangun tidur lebih cepat untuk urusan tertentu mungkin hal yang mudah. Seperti misalnya bangun cepat untuk mempersiapkan makan sahur.

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Termasuk saya! Kebiasaan saya yang suka bergadang, paling cepat tidur jam 12 malam, membuat saya jadi sangat susah untuk bangun lebih cepat. Hal yang wajar memang. Tapi apa jadinya kalau di bulan Ramadhan seperti ini tetap tidak bisa bangun lebih cepat? Bisa-bisa saya tidak puasa, atau puasa tanpa sahur? hemm.. mana tahan..😆

Sekedar info, sekarang status saya sudah single. Dalam artian saya hidup sendirian di dalam rumah kontrakan. Jadi urusan apa-apa saya harus melakukannya sendiri. Termasuk urusan bangun tidur lebih cepat. Kalau di rumah Ortu sih enak, bisa di bangunin. hihi…

Lantas bagaimana cara saya mengatasi masalah agar bisa bangun tidur lebih cepat?

1. Do’a dan Niat.

Berdoa dan berniat untuk bangun lebih cepat itu sangat perlu. Anda tak perlu meragukan kekuatan di balik do’a dan niat bukan? Makanya doa dan niat itu nomor satu!😀

2. Pasang Alarm HandPhone.

Kadang Doa dan niat aja memang tidak cukup. Harus ada usaha lain sebagai ikhtiar. Salah satu yang saya lakukan adalah memasang alarm di HP. Hampir semua HP pasti sudah support alarm. Jadi tidak salah untuk di coba.

Tapi tahukan anda, tidak semua orang punya tingkat pendengaran yang sama. Termasuk saya, meski alarm handphone sudah berdering dengan sangat bising, tetap saja saya tidak terbangun. Kadang saking terlalu nyenyak dalam tidur, saya sama sekali tidak mendengar suara alarm itu berdering. Parah memang! Padahal handphone saya letakkan di samping bantal, kurang lebih 1 jengkal dari telinga. hihi…

Anehnya, telinga saya malah lebih peka dengan suara manusia walaupun pelan. Cukup membangunkan saya dengan 1 kali panggilan, misal menyebut nama saya, saya pasti langsung terbangun. Sangat berbeda dengan suara alarm yang berdering berkali-kali..🙂

3. Jangan matikan.lampun  kamar

Sudah berdoa, berniat, dan pasang alarm, masih susah untuk bangun tidur lebih cepat? Satu lagi solusi saya, “Jangan matikan lampu kamar”. Biarkan lampu tetap menyala terang sementara anda tidur. Alasannya adalah, dengan kondisi ruang kamar yang terang, mata kita akan lebih mudah terangsang atau bereaksi karena silau pada saat tidur. Berbeda dengan ruang kamar yang gelap, mata kita justru semakin nyaman karena tidak ada rangsangan mata.

Sebenarnya saya kurang nyaman dengan cara yang ketiga ini. Selain karena sulit membuat saya terlelap, juga karena saya sudah terbiasa tidur dengan lampu di matikan. Tapi demi agar bisa bangun lebih cepat untuk mempersiapkan makan sahur, saya harus melakukannya.🙂

Begitulah cara saya agar bangun tidur lebih cepat, bagaimana dengan anda?

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

